«

»

Apr 13

Print this Post

PERCEKA CIANJUR GELAR FESTIVAL JANGARI

Kamis, 08 Apr 2010 16:47:04| Ibukota dan Daerah | Dibaca 50 kali
Cianjur, 8/4 (ANTARA) – Sanggar Seni Perceka Cianjur, Jawa Barat, akan mengelar Festival Jangari 2010, di Waduk Jangari, Kecamatan Mande, Minggu (11/4), yang akan dihadiri seniman nasional, dari Jabar hingga Denpasar.

www.antarajawabarat.com
Pimpinan Sangar Seni Perceka Tatang Setiadi, di Cianjur, Kamis, mengatakan, festival yang diisi dengan berbagai seni itu akan disuguhkan bagi masyarakat Cianjur dan wisatawan.

“Acara itu, misalnya Ngaruat Jangari, yaitu kegiatan menyebar ribuan ton benih ikan di waduk seluas ratusan hektare itu,” katanya.

Menurut dia, berbagai kegiatan kesenian dan bakti sosial akan digelar dalam acara tersebut, seperti sunatan masal, jalan sehat, hingga bakar ikan dan makan bersama.

“Tidak hanya kesenian tapi ada unsur sosial dan religi dalam festival Jangari ini. Mungkin ini kali pertama, namun ke depannya ini akan menjadi agenda tahunan,” kata Tatang.

Menurut dia, acara itu akan menghadirkan seniman nasional seperti Aom Kusman, KH Maman dari Cirebon, Acep Zamzam, Ayi Kurnia, Decha Starduts dan seniman Jakarta, serta sederet seniman lainnya yang menyatakan siap datang tanpa dibayar.

“Intinya kegiatan ini adalah meningkatkan kunjungan wisata ke Cianjur serta memperkenalkan salah satu situs yang ada. Namun di dalamnya kegiatan sosial, religi dan seni dipadukan dalam satu panggung,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut akan ditampilkan pula kesenian kuda kosong, kuda renggong pelung manggung, rampak kacapi, serta kesenian khas Cianjur dan seni musik dari UPI Bandung.

“Acara akan dimulai dari pagi hingga malam menjelang. Nantinya sebelum digelar berbagai helaran akan di laksanakan penaburan ribuan ton bibit ikan di Waduk Jangari,” kata dia.

Tujuan dari penaburan bibit ikan tersebut, kata dia, supaya dapat dipancing dan dimakan masyarakat sekitar, khususnya dan Cianjur pada umumnya.

Fikri

www.antarajawabarat.com

Permanent link to this article: http://perceka.dicianjur.com/perceka-cianjur-gelar-festival-jangar-2.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>